5 Tips Membeli Laptop Bekas

5 Tips Membeli Laptop Bekas


Laptop merupakan salah satu kebutuhan penting untuk belajar maupun bekerja, mungkin bagi sebagian orang membutuhkan laptop yang murah namun masih layak untuk digunakan. Salah satunya adalah dengan membeli laptop bekas yang masih layak dengan harga yang cukup murah.
Berikut beberapa 5 tips membeli laptop bekas :

1. Spesifikasi laptop
Spesifikasi merupakan hal yang penting untuk diperhitungkan dalam memilih laptop bekas. Karena untuk mendapatkan laptop bekas yang memiliki kemampuan mumpuni pastikan spesifikasi laptop sudah yang terbaru.

Pilih CPU minimal keluaran 2 tahun yang lalu karena jika lebih dari itu bisa dipastikan performa pada laptop akan berkurang seiring perkembangan teknologi.

Selanjutnya perhatikan Kartu Grafik yang digunakan, kemampuan kartu grafik atau GPU Card juga bisa menentukan performa pada laptop, utamakan memilih kartu grafik dari NVIDIA dan AMD.

Kapasitas RAM juga perlu diperhitungkan karena performa laptop tergantung pada RAM yang digunakan, tanyakan apakah laptop tersebut memiliki dua slot RAM untuk bisa diupgrade, agar performa laptop lebih kencang.

Selanjutnya Hardisk atau memori penyimpanan untuk kebutuhan menyimpan data, pastikan hardisk yang digunakan sudah SSD, jika masih menggunakan Hardisk pastikan kapsitas penyimpanan 512GB atau 1TB.

Spesifikasi juga bisa dilihat dari type laptop yang ditawarkan, biasanya merk laptop menyediakan spesifikasi di website resminya, sehingga sangat mudah untuk mengetahui apakah komponen yang digunakan tergolong komponen baru atau yang sudah lawas.

2. Periksa fisik laptop
Fisik laptop bisa menjadi salah satu yang diperhitungkan dalam memilih laptop bekas. Tentu dengan membeli laptop bekas bukan berarti fisik yang diterima dalam kondisi yang sudah lecet bahkan retak. Pilih laptop yang memiliki kondisi fisik 90% mulus sehingga laptop yang dibeli masih nyaman untuk digunakan dan dibawa ke tempat kerja maupun kuliah.
Selain itu kondisi fisik juga bisa menentukan umur dari laptop tersebut, jika kondisi sudah parah bisa dipastikan pilih laptop yang lain.

3. Periksa Speaker
Laptop bekas bukan berarti harus menerima speaker dengan kondisi tidak baik. Dengan memperhatikan suara speaker laptop akan lebih ternilai bagus karena speaker sangat berguna bagi beberapa orang untuk kebutuhkan kerja maupun hiburan seperti menonton film, mendengar musik dan lain sebagainya.

4. Konektivitas
Konektivitas sangatlah penting untuk melengkapi kebutuhan saat menggunakan laptop, terlebih saat ini seluruh kegiatan transfer data ke perangkat lain dilakukan melalui USB yang ada pada laptop. Selain itu ketersediaan LAN Port juga penting untuk konektivitas ke jaringan internet. Pastikan seluruh ketersediaan port yang ada di laptop berfungsi dengan baik.

5. Garansi
Dengan segala kondisi yang mumpuni pada laptop bekas, pastikan saat membeli ada garansi sebagai jaminan bahwa laptop memiliki kualitas yang baik. Dengan adanya garansi ini bisa memudahkan saat laptop yang sudah dibeli ada masalah atau kerusakan yang tidak diinginkan.

Posting Komentar

0 Komentar