5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Virus Corona

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Virus Corona


Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto hingga hari Selasa (24/03/2020), mengabarkan kasus virus corona bertambah hingga total 686 kasus positif, sembuh 30 orang, dan meninggal dunia 55 orang.

Bahkan beberapa negara lain sudah menerapkan Lockdown untuk negaranya, agar menghentikan penyebaran virus corona. Seperti yang kita ketahui bahwa Covid-19 merupakan virus yang sangat mudah menyebar dan menular, khususnya bagi orang yang memiliki riwayat kontak langsung dengan suspect corona.

Sampai hari ini pemerintah Indonesia masih menghimbau masyarakat untuk melakukan Social Distancing atau pembatasan sosial, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia. Akibatnya banyak perusahaan yang memberlakukan karyawannya untuk bekerja dari rumah.

Bagi sebagian orang yang memiliki kepanikan tingkat tinggi mungkin virus corona bisa meningkatkan stress, karena dibuat cemas dengan informasi yang beredar tentang virus corona. Serta terbatasnya aktivitas sehari-hari karena Social Distancing atau pembatasan sosial.

Banyak cara untuk menghilangkan stress di tengah pandemi virus corona saat ini, berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi virus corona :

1. Mencari hiburan di dalam rumah
Salah satu langkah untuk menjaga kesehatan jiwa adalah membuat pikiran menjadi tenang dan bahagia. Dengan cara menonton film favorit, mendengarkan musik, membaca novel, bermain game mungkin bisa menjadi hiburan untuk menenangkan pikiran agar mengurangi kepanikan dan tingkat stress yang tinggi.

2. Hindari membaca atau menonton konten terkait virus corona
Salah satu hal yang memicu stress tingkat tinggi adalah kondisi yang tidak pasti akibat covid-19. Terlebih banyak konten yang tersebar luas di media sosial dan aplikasi pesan lainnya.

Dengan tingkat stress yang tinggi sebaiknya hindari konten-konten yang tidak pasti kebenarannya yang biasanya tersebar melalui aplikasi pesan seperti Whatsapp dan lain sebagainya.

Jika ingin memperbarui informasi tentang virus corona sebaiknya baca di halaman dengan sumber yang terpercaya.

3. Berbincang-bincang dengan keluarga
Rasa kesepian mungkin dialami oleh sebagian orang yang melakukan Social Distancing atau pembatasan sosial. Salah satu cara untuk menghindari kesepian mungkin dengan cara berbincang-bincang dengan keluarga dari jarak jauh. bisa melalui aplikasi telepon atau panggilan video.

4. Berolahraga kecil di dalam rumah
Jika biasanya disibukkan dengan aktivitas sehari-hari sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga, mungkin social distancing adalah waktu yang tepat untuk berolahraga kecil di dalam rumah. Olahraga yang cukup bisa membuat pikiran jadi lebih tenang dan lebih positif. Banyak teknik olahraga yang bisa dilakukan didalam rumah untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi virus corona.

5. Menjaga kebersihan rumah
Untuk menenangkan pikiran di tengah pandemi virus corona mungkin menjaga kebersihan bisa membuat pikiran jadi lebih tenang. Membersihkan bagian-bagian rumah jadi kegiatan positif untuk menghilangkan rasa cemas, atau hanya dengan menyemprotkan cairan desinfektan yang bisa dibuat dengan cara yang cukup mudah.

Posting Komentar

0 Komentar