Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Ikut Pelatihan Kartu Prakerja?

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Ikut Pelatihan Kartu Prakerja?


Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Salah satu tujuan program Kartu Prakerja ini adalah membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan.

Para peserta pemegang Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 3,55 juta yang bisa dimanfaatkan untuk biaya pelatihan hingga membeli sembako. Dengan rincian Rp 1 juta untuk membeli program pelatihan yang diinginkan, melalui platform digital yang sudah bekerja sama dengan pemerintah melalui Kartu Prakerja.

Selain itu para peserta juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta yang akan dibayar secara diangsur selama empat bulan sebesar Rp 600 ribu setiap bulannya. Insentif ini akan ditransfer kepada peserta setelah peserta menuntaskan pelatihan pertama, dan akan ditransfer melalui rekening bank e-wallet milik peserta seperti LinkAja, Gopay dan OVO.

Namun kemana peserta pelatihan Kartu Prakerja bisa mendapatkan pekerjaan?

Seperti yang kita ketahui pelatihan yang ada di platform yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja merupakan pelatihan berbayar, dengan pelatihan berbayar ini peserta akan mendapatkan sertifikat dan kemampuan baru setelah mengikuti pelatihan.

Namun sayangnya, pemerintah tidak menyediakan perusahaan-perusahaan untuk menampung para peserta Kartu Prakerja, agar bisa langsung melamar pekerjaan sesuai dengan bidang pelatihan yang diikuti oleh masing-masing peserta.

Dengan hal ini para peserta Kartu Prakerja harus benar-benar memanfaatkan semua fasilitas yang diberikan. Seperti dalam memilih pelatihan yang sesuai dengan minat dan kemampuan peserta hingga mencari pelatihan dengan harga yang terjangkau agar bisa mengikuti banyak pelatihan, mengingat biaya pelatihan yang diberikan terbatas atau hanya sebesar Rp 1 juta.

Dengan dana Rp 1 juta para peserta bisa mengikuti beberapa pelatihan dengan cara maraton. Misalnya peserta yang minat dengan bidang desain grafis harus mencari platform yang memberikan pelatihan lengkap tentang desain grafis, dengan sisa dana yang ada peserta bisa mengambil kembali pelatihan desain grafis untuk melengkapi kemampuannya di bidang desain grafis.

Setelah mengikuti beberapa pelatihan yang sudah dipilih, maka peserta akan mendapatkan sertifikat yang bisa dimanfaatkan untuk membuat resume atau CV yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan.

Selain itu juga peserta bisa membuat portofolio atau hasil karya untuk ditujukan ke perusahaan saat melamar pekerjaan. Portofolio bisa berbentuk file softcopy dalam bentuk video maupun gambar.

Untuk melamar pekerjaan di tengah wabah corona peserta bisa melalui beberapa website seperti jobstreet.co.id, jobsdb.com, freelancer.co.id dan lain sebagainya.

Posting Komentar

0 Komentar