Cara Mengatasi Laptop Baru Tapi Lemot

Cara Mengatasi Laptop Baru Tapi Lemot


Dengan perkembangan hardware yang begitu cepat, maka tidak heran jika saat ini begitu banyak merk laptop yang menawarkan berbagai jenis laptop. Mulai dari harga laptop murah hingga harga yang paling mahal, bahkan dari segi desain juga bisa menentukan harga laptop.

Namun beberapa pengguna laptop tidak mementingkan tampilan atau desain yang diberikan, hanya memperhatikan performa yang kencang dengan harga yang terjangkau. Tidak jarang juga para pengguna laptop baru merasakan performa yang lemot, padahal spesifikasi laptop sudah lengkap dengan konfigurasi hardware yang mumpuni..Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan laptop baru tapi lemot.

1. RAM
RAM merupakan komponen yang sangat penting pada laptop maupun komputer, tanpa adanya RAM laptop tidak akan bisa digunakan. Umumnya laptop dengan harga yang terjangkau memiliki kekurangan pada bagian RAM, tapi perlu diketahui bahwa saat ini produsen laptop memberikan pilihan upgrade agar performa laptop lebih tarjaga.


Laptop terbaru saat ini menyediakan dua slot RAM untuk kebutuhan upgrade para penggunanya, agar laptop memiliki performa yang lebih maksimal. Untuk melakukan updgare RAM pengguna bisa datang ke toko komputer terdekat untuk mengecek kapasitas RAM serta spesifikasi RAM yang digunakan.

2. Storage
Storage atau media penyimpanan untuk laptop dan komputer saat ini memiliki beberapa jenis. Tapi umumnya storage atau media penyimpanan yang digunakan untuk laptop hanya Hardisk 2,5 inci, SSD 2,5 inci dan M.2 SSD.


Beberapa laptop dengan harga terjangkau sudah menggunakan SSD baik M.2 SSD maupun SSD 2,5 inci. Namun ada juga yang masih menggunakan Hardisk untuk media penyimpanannya.

Perlu diketahui bahwa kecepatan SSD dan Hardisk memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Hal ini akan mempengaruhi kecepatan laptop dan komputer, baik saat melakukan Booting maupun saat menjalankan software yang digunakan untuk beraktivitas dilaptop.

Sebaiknya laptop yang masih menggunakan Hardisk ditambahkan atau diganti dengan SSD. Namun perlu diperhatikan juga slot yang tersedia di dalamnya. Agar lebih aman pengguna bisa datang langsung ke toko komputer untuk melakukan pengecekan slot media penyimpanannya yang tersedia di dalam laptopnya.

3. Driver
Driver atau software pendukung untuk hardware seperti CPU, VGA dan lain sebagainya juga perlu diperhatikan secara berkala. Karena driver juga mempengaruhi performa hardware terutama pada kestabilan laptop.

Beberapa produsen hardware seperti Intel, AMD dan Nvidia memiliki situs resmi yang selalu memperbarui dukungannya jika terdapat driver terbaru. Namun pada umumnya jika laptop sudah menggunakan Windows 10 original maka driver akan ter-update secara otomatis. Tapi tidak ada salahnya juga untuk mengecek windows update secara berkala pada laptop baru.

4. Windows
Windows adalah operasi sistem yang perlu diperhatikan keasliannya, beberapa merk laptop sudah menyediakan bundling dalam pembelian laptopnya. Namun untuk laptop yang tidak memiliki bundling Windows bisa segera menginstall ulang windows agar laptop tidak lemot.


Perlu diketahui Windows asli atau original bisa didapatkan secara gratis dengan cara mendownload disitus resminya https://www.microsoft.com/en-us/windows/get-windows-10. Walaupun tidak memiliki key atau kode lisensinya windows masih tetap bisa dijalankan dengan lancar, auto update masih bisa tetap berjalan tidak ada kendala, namun beberapa fitur tidak terbuka.

5. Panas
Panas berlebihan pada hardware bisa membuat penurunan performa pada CPU dan VGA laptop. Suhu panas pada laptop berlebihan bisa terjadi karena beberapa hal seperti beraktivitas dengan laptop diatas kasur yang menyebabkan hawa panas tidak keluar secara sempurna.

Selain itu juga penggunaan yang berlebihan bisa membuat CPU lebih panas dari biasanya, apalagi digunakan dengan durasi yang tidak wajar. Perlu diketahui laptop memiliki komponen yang rentan dengan panas, karena desain laptop yang terbatas ini membuat komponen pendingin di dalam laptop sangat terbatas.

Maka dari itu laptop beraktivitas menggunakan laptop dengan waktu yang lama sangat membutuhkan tempat yang bagus, agar laptop dapat mengeluarkan hawa panas. Kemudian saat beraktivitas dengan laptop juga harus memperhatikan durasi penggunaan, serta software yang digunakan.

Posting Komentar

0 Komentar