5 Cara Membuat Konten Video Dengan Mudah Untuk Pemula

5 Cara Membuat Konten Video Dengan Mudah Untuk Pemula

Membuat video berkualitas saat ini menjadi satu kewajiban untuk para konten kreator. Bagi profesional membuat video bukan hal yang sulit karena memiliki tim dalam pembuatannya.

Lalu gimana kalau konten kreator tidak memiliki tim, tapi bisa membuat video dengan kualitas yang baik?


Sedikitau akan memberikan tips membut video dengan mudah, tips ini bisa digunakan untuk membuat video Youtube, Instagram, Facebook dan media sosial lainnya.


  1. Temukan Ide Kreatif 

Ide kreatif adalah salah satu hal penting dalam pembuatan video. Terkadang pemula sulit untuk menemukan ide kreatif ini. Beberapa hal yang bisa dijadikan sumber inspirasi ide kreatif adalah dengan melihat video lain yang sedang trending.


Bisa juga dengan melihat video-video yang dibuat oleh idola masing-masing. Dengan memodifikasi ide cerita, konsep video dan narasi video akan menjadi lebih orisinil. 


  1. Buat Naskah

Setelah mendapatkan ide kreatif hal yang paling jarang digunakan oleh para pemula adalah membuat naskah. Naskah dalam pembuatan video sangat penting untuk menjadi acuan atau urutan dalam proses shooting.


Naskah bisa dibuat dalam bentuk full untuk cerita atau narasi dalam video, bisa juga dalam bentuk poin-poin yang ingin dibahas di dalam video.


Tentunya agar isi konten tidak melebar dari topik dan ide kreatif bisa direalisasikan di dalam video.


  1. Rekaman Suara

Rekaman suara bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan smartphone. Hal ini bisa jadi salah satu tips dalam pembuatan video dengan kualitas yang baik.


Proses perekaman suara bisa dilakukan setelah pembuatan naskah untuk video-video yang hanya menampilkan footage atau potongan gambar yang sedang dibahas.


Banyak sekali konten yang hanya menampilkan suara dan footage untuk menjadikan konsep video yang lebih informatif.


  1. Pengambilan Gambar

Setelah perekaman suara selanjutnya adalah perekaman gambar yang membutuhkan kamera, bisa dengan kamera ponsel maupun kamera digital. Proses pengambilan gambar harus disesuaikan dengan konsep video. 


Untuk menghasilkan video yang baik diperlukan tripod agar pengambilan gambar tidak goyang. Serta komposisi gambar juga harus diperhatikan agar perpindahan gambar lebih halus dan menarik untuk ditonton.


  1. Editing

Terakhir proses editing yang tentunya membutuhkan keahlian dalam menggunakan aplikasi editing video. Beberapa aplikasi editing video saat ini bisa didapatkan secara gratis. Bahkan cara-cara untuk melakukan editing video sudah banyak beredar di internet.


Untuk konten kreator pemula mungkin butuh waktu untuk mempelajari teknik editing video, agar bisa membuat video dengan kualitas yang baik.


Itulah cara membuat video yang bisa dilakukan untuk pemula yang mulai serius dalam berkarya di bidang videografi. Tentunya dengan berbekal pengetahuan dan keinginan untuk belajar pasti bisa membuat video dengan kualitas yang baik.

Posting Komentar

0 Komentar